Responsive Ads Here

Minggu, 04 Agustus 2019

Angkasa Pura I Akan Bangun 2 Hotel Bintang 3 Di Area Bandara Untuk Mendukung Bandara Internasional Yogyakarta

PT Angkasa Pura I akan menyediakan dua hotel berbintang 3 untuk mendukung operasional dari Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditargetkan akan siap pada Desember 2019 ini.

Plt General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan bahwa dua hotel bintang tiga tersebut rencananya akan dibangun didalam area bandara bedekatan dengan terminal dan juga diluar bandara akan tetapi masih didalam kawasan airport city yang akan dikembangkan nantinya.

"Saat ini pembangunan hotel telah dalam proses. Hotel ini akan menjadi pendukung dari bandara ini berhubung kebutuhan dari para maskapai untuk para kru dan pilot dianggap tidak memadai karena lokasinya yang jauh dari bandara sehingga pembangunan hotel ini dikebut agar dapat beroperasi bersamaan dengan bandara," kata Agus Pandu.

Angkasa Pura I Akan Bangun 2 Hotel Bintang 3 Di Area Bandara Untuk Mendukung Bandara Internasional Yogyakarta

Dirinya mengatakan bahwa rencananya, hotel pertama akan dibangun tepat didepan terminal Bandara Internasional Yogyakarta yang berada dekat dengan gedung parkir. Hotel ini akan dibuat khusus untuk para kru akan tetapi kalau juga dibuka untuk umum seperti penumpang.

"Dari perhitungan tim, nantinya hotel itu ada 70 kamar dengan standard bintang 3," katanya.

Selain itu, Agus menyampaikan bahwa Angkasa Pura I juga akan membangun sebuah hotel bintang tiga lainnya di lahan 98 hektare yang akan dibangun berbagai sarana prasana pendukung Bandara Internasional Yogyakarta.

"Hotel kedua nantinya akan masih berada di kawasan sekitar bandara hanya diluar bandara. Kapasitasnya juga lebih besar dari hotel yang didalam bandara ini. Tujuannya hampir sama untuk mengakomodasi pada kru maskapai."

Sementara itu Project Manager Pembangunan YIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnama Hadi menjelaskan bahwa perhitungan awal memproyeksikan akan ada sekitar 8,5 juta penumpang yang akan menggunakan bandara ini pada awal 2020 nanti. Jutaan penumpang tersebut adalah penumpang dari 65 jadwal penerbangan yang dialihkan dari Bandara Internasional Adisujipto Yogyakarta mulai akhir tahun 2019 ini.

"Kondisi tersebut membutuhkan kesiapan akses konektivitas yang baik dan didukung oleh fasilitas yang memadai. Hotel merupakan salah satunya selain kereta api yang dapat menjadi pilihan transportasi bagi para penumpang nantinya," katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Kulon Progo Agung Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan izin bagi Angkasa Pura I untuk membangun hotel tersebut.

"Izinnya sudah kami keluarkan dan kalau tidak salah mereka juga sudah mulai mengerjakannya," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar