Responsive Ads Here

Kamis, 18 Juli 2019

Ridwan Kamil Akan Bangun Homestay Di Desa Cisayong

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa mereka akan membangun Desa Cisayong di Tasikmalaya menjadi salah satu destinasi wisata penginapan atau homestay. Dasar mantan Walikota Bandung tersebut ingin mengubah Desa Cisayong menjadi wisata penginapan atau homestay karena mendapatkan masukan dari banyak wisatawan mengenai desa tersebut.

"Kemarin saya berkunjung ke Cisayong dan ngobrol dengan para wisatawan yang ada disana. Keluhan mereka sejauh ini adalah tidak adanya penginapan yang memadai di desa tersebut," kata pria yang disama Kang Emil tersebut.

Ridwan Kamil Akan Bangun Homestay Di Desa Cisayong

"Untuk mengatasi hal tersebut, saya akan memikirkan konsep yang cocok untuk Desa Cisayong ini karena ini merupakan salah satu potensi yang dapat menggerak ekonomi penduduk lokal."

Tidak hanya menginap, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa salah satu potensi yang dimiliki oleh desa tersebut adalah lapangan sepak bola Sakti Lodaya yang bertaraf internasional. Lapangan sepakbola tersebut dibangun tanpa menggunakan dana pemerintah akan tetapi berasal dari swadaya masyarakat sekitar.

Lapangan sepakbola Sakti Lodaya ini memiliki luas mencapai 93 x 53 meter dan telah dilengkapi dengan sistem penyiraman rumput otomatis seperti yang ada di stadium besar di dunia saat ini. Lapangan ini juga sering menjadi lokasi turnamen sepakbola yang menghadirkan peserta dari berbagai daerah. Untuk menyelenggarakan turnamen, pengelola lapangan ini menjelaskan bahwa pihaknya dapat mengantongi omzet hingga mencapai Rp 30 juta per bulan.

Untuk dapat mewujudkan Desa Cisayong sebagai salah satu daerah destinasi wisata, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa pemerintah provinsi akan memberikan bantuan sebesar Rp 630 juta. Menurutnya, Desa Cisayong dapat menjadi contoh bagi desa lain untuk mengembangkan potensi wisata yang mereka miliki yang dimana dapat menggerakan perekonomian lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar